Restoran ramah vegetarian di sekitar Kuningan

Beberapa teman sering mengeluhkan sulitnya cari makanan tanpa daging di Jakarta. Apalagi bagi teman yang vegetarian.

Jakarta memang kurang ramah vegetarian. Menu vegetarian paling mudah ya cuma gado-gado, ketoprak, dan karedok. Atau makan tahu-tempe saja di warung pecel lele.

Oya, warteg juga bisa jadi pilihan sih. Tapi biasanya warteg ada di daerah pemukiman, sedang pada siang hari kita lebih sering berada di daerah perkantoran. Sementara kalau sudah malam, makanan yang tersisa di warteg cuma makanan yang dihangatkan, sisa pagi atau siangnya. Sudah nggak seger.

Selain warteg dan salad a la indonesia itu, beserta tahu-tempe, sebenarnya selalu ada satu-dua tempat makan ramah vegetarian yang bisa direkomendasikan di sekitaran Sudirman-Thamrin-Kuningan-Kasablanka.

Berikut restoran ramah vegetarian (urutan berdasar tempat paling favorit):

Anjeli
Rumah makan ini semacam warung kecil di luar pagar apartemen rasuna, di seberang tower 17. Dari namanya jelas pilihan menu adalah makanan India. Tak banyak gambar di menunya, dan pelayan juga sering kali tak paham jika ditanya menu ini bagaimana bentuknya, dan apa isinya. Jadi disarankan untuk membawa teman yang 110% paham nama-nama menu makanan India. Oya, harganya murah perorang paling hanya menghabiskan Rp50.000!

Loving Hut (vegetarian only)
Mungkin ada beberapa loving hut di Jakarta, tapi satu-satunya yang aku tahu ada di Plaza Semanggi, Gatot Subroto. Sebelum mengetahui Anjeli, Loving Hut adalah favorit aku dan teman-teman terdekat. Pilihan menunya mulai dari makanan Indonesia-Malaysia-Singapura, juga ada Chinese Food. Lengkap dengan daging bohonga. Rasanya tentu enaaak, harganya standar, mungkin sekitar Rp75.000 sekali makan per orang.

Takigawa-Sushi Tei-Sushi Groove
Tiga tempat makanan Jepang ini memang bukan rumah makan vegetarian, tetapi ada banyak menu sayur seperti miso soup dengan tahu (tofu) dan rumput laut (wakame), sushi lobak, atau sushi timun (kyuri), agedashi tofu, cuka wakame, juga salad. Biasanya kalau makan di sini habisnya sekitar Rp50.000--Rp150.000 Ketiganya bisa ditemukan di banyak mall di Jakarta, seperti Setiabudi One, Senayan City, Plaza Senayan, Grand Indonesia, dan Plaza Indonesia.

Mie Thai
Mie Thai menyajikan makanan Thailand Selatan, juga bukan tempat makan vegetarian, tetapi punya banyak menu sayuran, dan bisa rikues. Misalnya aku suka sekali nasi goreng nanas, biasanya aku minta nasi goreng nanas vegetarian. Mie Thai yang aku tahu bisa ditemukan di Setiabudi one, dan sekali makan mulai dari Rp75.000.

Komala (vegetarian only)
Komala adalah restoan India di Sarinah, Jalan MH Thamrin, letaknya di antara Roti Boy dengan ATM Mandiri. Selain makanan India, Komala juga menyediakan menu chinese food yang menurutku agak keindia-indiaan. Hehe… Harganya sekitar Rp100.000 untuk makan dan minuman per orang.

Face Bar
Face Bar tarletak di belakang Kedutaan Besar Jerman, masuk sedikit di jalan yang berbatasan dengan MH Thamrin. Selain bar, Face Bar juga memiliki restoran India dan Thailand di dalamnya. Dua-duanya enaaaakkk, dan tak bisa dibandingkan mana yang lebih enak. Namun harganya agak lebih mahal dibanding tempat makan yang disebut sebelumnya, mungkin sekitar Rp300.000 untuk satu orang, kalau minumnya ga pake wine :D

Go Curry
Duh, yang ga suka makanan India, maaf ya, ini makanan India lagi. Go Curry sejauh ini baru kutemukan di Pacific Place. Seluruh menunya adalah kari, dan kita bisa pilih sendiri, kalau tidak salah ada empat jenis bumbu kari, empat jenis nasi, dan empat jenis lauk (termasuk vegetarian) yang bisa kita pilih. Jadi misalnya kita bisa pilih Yellow Curry, Garlic Rice, Vegetarian. Jadi kita bisa mendapatkan bermacam kombinasi vegetarian dengan empat jenis nasi dan empat jenis bumbu kari. Namun, buat lidahku, Go Curry ini kurang oke. Semacam makan bumbu instan saja. Sekali makan mungkin sekitar Rp150.000.

Little Asia-Solaria-Rice Bowl-De Cost
Keempatnya sejenis, makanannya perpaduan Indonesia-Malaysia-Singapura. Bukan restoran vegetarian, tetapi punya banyak menu sayuran, dan bisa rikues. Misalnya bisa bilang: aku mau pesan buncis tumis, tapi ga usah pakai daging giling. Di resto-resto ini, sekali makan mungkin sekitar Rp50.000--Rp150.000. Bisa ditemukan di Kota Kasablanka, Pejaten Village, Plaza Semanggi, dan Mall Ambassador.



PS: Kalau ada yang tahu tempat makan lain, mohon ditambahi ya!

Comments

  1. Rika, salam kenal ya.. awalnya nyangkut di blog ini gara gara cari key word "resto vegetarian di ambasador"..
    Trus keterusan baca postingan yang lain.. keren.. suka deh sama pemikiran Rika yang unik :)

    ReplyDelete
  2. Rika, salam kenal ya.. awalnya nyangkut di blog ini gara gara cari key word "resto vegetarian di ambasador"..
    Trus keterusan baca postingan yang lain.. keren.. suka deh sama pemikiran Rika yang unik :)

    ReplyDelete
  3. Rika, salam kenal ya, awalnya nyangkut di blog ini krn keyword "vegetarian di ambasador".. lalu keterusan baca postingan Rika yang lain.. keren., suka deh sama pemikiran Rika 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Ce! Senang, deh kalau ada yang merasa terbantu. Aku habis blogwalking ke Tutu Buku, tapi sayang sekali belum ada entry :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Karena usia cuma deretan angka-angka!

Aku tumbuh sembari membenci payudara

keterbiasaan pada pelecehan seksual