Posts

Showing posts from August, 2012

Rupiah terlemah dalam 3 bulan

JAKARTA--Bank Indonesia mencatat kurs tengah rupiah mencapai Rp9.553 per dolar Amerika Serikat pada 29 Agustus 2012, nilai tukar tersebut paling rendah sejak 31 Mei 2012 yang mencapai Rp9.565.

Meski demikian pelemahan pada Mei 2012 hanya terjadi selama 2 hari, per 1 Juni 2012 rupiah kembali menyentuh level Rp9.300. Saat itu bank sentral berjanji akan menggiring rupiah di kisaran Rp9.450. Sebelumnya titik terlemah nilai tukar rupiah terjadi pada 20 November 2009 sebesar Rp9.581 per dolar Amerika Serikat.

Deputi Gubernur bidang Pengelolaan Moneter Bank Indonesia Hartadi A. Sarwono mengungkapkan saat ini kondisi fundamental dalam negeri berupa defisit transaksi berjalan memang membuat nilai tukar melemah, tetapi pelemahan akan dijaga agar tetap tertib sehingga tidak mengganggu bisnis.

"Kondisi fundamentalnya, yaitu adanya defisit transaksi berjalan memang akan membuat nilai tukar akan melemah, tetapi kami akan tetap jaga agar pelemahan itu terjadi secara orderly sehingga tidak meng…

Anak Kucing

Image
Ada empat anak kucing baru di dekat tempat tinggalku. Sayang sekali tak sempat memotret mereka, kali lain akan kugambar berdasar ingatan sajalah.

Empat anak kucing itu, mungkin baru satu bulan. Sedang suka berjalan ke sana kemari, melompat-lompat kecil, atau mengejar buntut induknya.

Tidak seperti beberapa kucing lain yang kerap kutemui sebelumnya, anak-anak kucing ini adalah kucing kampung, sepertinya murni kucing kampung. Sementara beberapa kucing lain yang sering kulihat itu adalah semacam persilangan antara kucing berbulu panjang dengan kucing kampung.

Salah satu anak kucing biasanya berlari masuk ke dalam pagar saat aku melintasi mereka, sedangkan yang lain memperhatikanku, atau mungkin dia memperhatikan tas besarku. Sementara anak kucing berwarna putih-kuning lain tidak mempedulikan keadaanku, dia tetap meloncati pagar bolak-balik. Adapun, anak kucing terakhir baru tadi kulihat keberadaannya. Sepertinya dia selalu dibalik pagar.

Lalu keteringatanku merambah pada memori berapa p…

look at my stomach!

Image
I was thinking about having a face...



and the body



oh dear, I just did something to her stomach!




Look at my stomach!
soft pastel on used paper.

Kapan Kawin?

Image
Menjelang idul fitri, izinkanlah saya menghaturkan cara-cara yang dapat digunakan untuk ngeles saat menghadapi hari raya "kapan nikah" kepada sidang pembaca yang budiman.


1. Hindari bertemu sanak saudara yang ceriwis dan banyak tanya

Bisa dengan cara menghindari ajakan ayah-ibu untuk ke rumah kakek/ nenek/ saudara/ teman atau siapapun yang suka sekali bertanya kapan kawin, atau suka beranggapan belum menikah hingga umur tertentu adalah berarti tak laku atau perawan tua. Hindari bertemu, bersinggungan, dan bertatapan. Kalau pun tidak sengaja bertemu, sebaiknya pura-pura tidak lihat atau tidak kenal.

Jikalau pada kesempatan berikutnya kita tidak bisa menghindar dan dia bertanya "kemarin kok menghindar?" cukup jawab "loh? Masa sih? Emang kamu ada di situ juga? Oh, jangan-jangan kamu yang pake baju ijo ya? Ya ampun, cantik banget kamu pas hari itu, aku sampe pangling." Puji dia, atau alihkan percakapan ke hal-hal lain yang lebih menarik perhatian.

Namun, apab…

Panduan Ngeles Saat Ketahuan Ga Puasa

Image
Satu minggu menjelang Lebaran, euforia puasa sudah mulai hilang, kecuali euforia tawur, eh, sahur on the road.

Buat yang uda males puasa, tapi males juga ketauan ga puasa, atau memang sudah menerapkan tata cara (pura-pura) berpuasa yang afdol, ada baiknya bersiap sedia kalau ketahuan tidak berpuasa.

Berikut adalah cara-cara ngeles yang bisa diterapkan:

1. "Astagaaa, lupa banget lagi puasa,"

Sebaiknya saat orang lain menemukan anda sedang menyantap makanan, minum, merokok, berciuman, atau kegiatan lain yang dapat membatalkan puasa, bersegeralah melafazkan "Astagaaa, lupa banget lagi puasa, thx ya bro uda diingetin." Niscaya anda dianggap khilap dan mendapat rejeki kecil dari Alloh.

2. "Lagi M ni,"

Kalimat tersebut ada baiknya diucapkan oleh kaum perempuan, atau yang disangka perempuan oleh khalayak. Saat mengatakan "lagi nggak puasa ni", atau "Lagi M ni", biasanya orang akan menganggap anda baru saja mendapatkan halangan berupa menstru…

Saat Aturan Memaksa BPD Melantai di Bursa

Melalui Peraturan Bank Indonesia mengenai Kepemilikan Saham Bank Umum, bank sentral disinyalir tengah memberi kekuatan hukum bagi Bank Pembangunan Daerah untuk segera melantai di bursa. Meski tidak menyertakan Pemerintah Daerah sebagai entitas yang dibatasi kepemilikan mayoritasnya, tetapi syarat yang harus dipenuhi juga tak main-main.

Pasal 17 pada peraturan tersebut dengan tegas mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) yang telah memiliki saham Bank Pembangunan Daerah (BPD) tidak akan dibatasi kepemilikan sahamnya.

Namun, Pasal 18 juga menegaskan prioritas bank sentral kepada investor di luar Pemda untuk menyuntikan modal bagi BPD dengan indeks komposit 3, 4, atau 5 yang membutuhkan tambahan dana untuk ekspansi. Dengan catatan, Pemda tetap diizinkan menjadi pemilik mayoritas.

Ekonom Senior Standard Chartered Fauzi Ichsan menilai peraturan tersebut mengarahkan BPD agar berkembang seperti bank-bank badan Usaha Milik Negara (BUMN), melantai di bursa tetapi saham maksimal tetap dimiliki oleh …

Saya lagi puasa ni, hormatin dong!

Image
Kemarin sore seorang wartawan majalah meminta pendapat saya, katanya, pada salah satu liputan, penyelenggara acara menghidangkan makan siang. Dia memprotes kenapa makanan ditebar begitu saja pada masa puasa.

Karena sedang berpuasa, wartawan tersebut merasa tersinggung, apalagi si penyelenggara berkata: "Yang sudah batal boleh loh, silakan," ya kurang lebih begitulah.

Menurut saya sih itu bukan ajakan batal, sekadar candaan dan ajakan untuk mencicipi hidangan bagi yang tidak berpuasa.

Namun tidak bagi wartawan tersebut. Dia emosi karena merasa diajak untuk batal. Dia terus bercerita dengan menggebu, sambil terus bertanya pendapat saya.

"Lah, katanya lagi puasa mba, kok begitu aja emosi, batal loh puasanya," ucap saya setengah ga peduli. Saya lebih tertarik dengan deadline untuk berita tambahan modal yang sedang saya garap, lalu menyumpal telinga dengan earphone.

Saat menuliskan paragraf ketujuh, saya kembali dicolek, diajak membahas persoalan itu.

Tak habis fikir, …

Soal Beha

Image
Abis baca postingan blog Isma soal bra, dan celoteh Nindi di twitter, aku baru tahu, ternyata bra (dari bahasa Inggris brassiere) menyimpan bahaya laten. Kawat yang tidak nyaman, renda yang membuat gatal, tali yang kedodoran, dan banyak soal yang tidak pernah saya tahu sebelumnya.

Padahal, bagi saya bra itu seperti seorang sahabat, menyangga dengan nyaman, dan memperindah. Maka, sangatlah mengkhawatirkan jika perempuan tidak nyaman dengan bra-nya. Artinya perempuan tidak dapat bersahabat dengan bra.

Payudara kita itu seperti agar-agar, dan bra adalah cetakan. Jika kita pilih cetakan yang salah, agar-agarnya bisa jadi bentuknya peyang. Cukup kepala anak tetangga aja ya yang peyang, jangan tetek ikutan peyang.


Jadi, gimana cara pilih cetakan yang bersahabat?

Ga boleh tumpah

Cup bra ada berbagai macam, full cup, setengah, ataupun tiga per empat. Pilihan jenis cup adalah pilihan mana suka, tergantung situasi, kondisi, dan pakaian yang kita pakai. Namun satu yang pasti, apapun cup-nya, pay…

Ibuku Gandari

"Kalau mama mati, kamu mau gimana? Adik-adik mau kamu bawa ke mana?" ujar ibu sebelum aku kembali ke Jakarta.

Hatiku tertegun, namun otakku tidak. Tak ada yang ingin ibu tiada, tetapi ayah selalu mengajarkan untuk memikirkan hal-hal terburuk agar bersiap sedia sehingga tak luluh lantak kala yang terburuk benar-benar menyapa. Sejak ayah tak ada, ratusan kali lipat otak lapat-lapat memutar berbagai skenario yang harus dilakukan jika ibu harus pergi mendahului kami.

Namun, tak ada satupun skenario yang sanggup kuselesaikan. Siapa yang sanggup?

Meski anaknya tak sebanyak Kurawa, tetapi bagiku, ibu adalah Gandari, menutup mata, membuka hati. Mengabdi pada kesetiaan yang melebihi kematian*.

Kesetiaan yang telanjang dan diam-diam. Kesetiaan dalam daki pada kerah baju dan lantai-lantai yang minta disapu. Kesetiaan pada anak-anaknya yang tak tahu malu, kesetiaan pada suami yang merangkul 2-3 perempuan sekaligus. Kesetiaan yang menutup mata dari melaratnya dunia, kesetiaan yang menje…